Suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya memerlukan koordinasi
yang baik dan tepat antara pimpinan dan fungsi – fungsi yang ada dalam
perusahaan. Fungsi – fungsi tersebut yaitu fungsi pemasaran, fungsi produksi,
sumber daya manusia, riset dan pengembangan dan sebagainya. Untuk menghadapi
persaingan yang ketat dalam memasarkan produknya setiap perusahaan telah
memiliki atau menentukan bauran pemasaran misalnya tetap mempertahankan atau
meningkatkan kualitas produk, menentukan pangsa pasar, menentukan harga jual
produk yang terjangkau oleh konsumen dan lain sebagainya. Oleh karena itu
penulis tertarik untuk mengkaji lebih lanjut mengenai “Bauran pemasaran yang
telah dilakukan oleh perusahaan kecap”Ikan Lele” di Pati Untuk memperjelas,
persoalan penelitian yang timbul berkaitan dengan masalah penelitian di atas adalah
: 1. Apa bauran pemasaran yang dilajankan perusahaan kecap “Ikan Lele”? 2. Apa
faktor – faktor yang dipertimbangkan perusahaan kecap “Ikan Lele” dalam
menetapkan bauran pemasaran ? Penelitian diatas bertujuan untuk mengetahui
bauran pemasaran yang dijalankan perusahaan kecap “Ikan Lele” serta untuk
mengetahui faktor – faktor yang dipertimbangkan perusahaan kecap “Ikan Lele”
dalam menetapkan bauran pemasaran. Berdasarkan masalah dan persoalan penelitian
diatas, maka konsep yang dipakai adalah konsep bauran pemasaran. Variable –
variable produk, harga, promosi dan saluran distribusi merupakan sub konsepnya.
Sub konsep produk, harga, promosi dan saluran distribusi diukur pada aras
ukuran nominal sedangkan konsep bauran pemasaran diukur dengan aras ukuran ratio.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
Satuan pengamatannya adalah pemilik perusahaan kecap “Ikan Lele” di Pati
sedangkan satuan analisisnya adalah perusahaan kecap “Ikan Lele” di Pati.
Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.
Analisis ini didasari oleh pemahaman secara teoritis yang dilakukan untuk
memperoleh pemahaman yang mendalam atas masalah yang diteliti, dengan cara
mengumpulkan data dan mengklarifikasi data, menganalisis data, dan
menginterpretasikannya. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Bauran pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan kecap “Ikan
Lele” dapat dilihat melalui hal – hal berikut: a. Produk Perusahaan kecap “Ikan
Lele” hanya memproduksi kecap manis. b. Harga Harga yang ditetapkan perusahaan
kecap “Ikan Lele” lebih mahal dari kecap “Bintang”, dan kecap “THG”, serta
lebih murah dari kecap “Nasional”, dan kecap “Gentong” dan sama dengan kecap
“Tiga Keong”. c. Promosi Perusahaan kecap “Ikan Lele” melakukan promosi lewat
radio dan personal selling.d. Saluran DistribusiSaluran distribusi yang
diterapkan oleh perusahaan kecap “Ikan Lele” adalah saluran distribusi tidak
langsung dua tingkat yaitu dengan menggunakan perantara agen dan pengecer.2.
factor – factor yang dipertimbangkan perusahaan kecap “Ikan Lele” dalam
menetapkan bauran pemasaran yaitu:a. ProdukFaktor – faktor yang dipertimbangkan
perusahaan adalah mutu, kemasan, dan merekb. Harga
Faktor – faktor yang dipertimbangkan perusahaan kecap “Ikan
Lele” dalam menetapkan harga yaitu biaya yang telah dikeluarkan perusahaan pada
saat proses produksi dan harga dari produk pesaingc. PromosiFaktor – faktor
yang dipertimbangkan perusahaan dalam memilih jenis promosinya adalah luas
pasar dan target pasar yang ingin dicapai oleh perusahaand. Saluran
distribusiFaktor – faktor yang dipertimbangkan perusahaan dalam menentukan
jenis saluran distribusinya adalah luas pasarSuatu penelitian akan mempunyai
arti apabila dapat memberikan sumbangan gagasan baik dalam bentuk teoritis
maupun secara terapan sehingga dapat dijadikan landasan berpijak bagi
penelitian selanjutnya. Implikasi dari penulisan skripsi ini terdiri dari
implikasi teoritis dan implikasi terapan.Berdasarkan hasil pengolahan data yang
sudah dianalisis maka dapat dikemukakan teoritis sebagai berikut: dengan
menerapkan bauran pemasaran yang tepat bagi produknya, perusahaan dapat
bertahan hidup dan memaksimalkan labanya. Dengan menggunakan faktor – faktor
dalam bauran pemasarannya perusahaan dapat menciptakan produknya dari produk
pesaingnya.Berikut ini akan dipaparkan implikasi terapan yang merupakan saran –
saran penulis kepada berbagai pihak yang berkepentingan (dalam hal ini adalah
perusahaan kecap “Ikan Lele” di Pati) sehubungan dengan strategi yang dilakukan
oleh perusahaan berdasarkan bauran pemasaran.1. Perusahaan hendaknya
mengembangkan kerja sama dengan para perantaranya yaitu agen dan pengecer agar
mereka lebih bersemangat dalam memasarkan produk perusahaan.2. Perusahaan perlu
meningkatkan kegiatan promosi penjualannya agar penjualan perusahaan dapat
meningkat dan pangsa pasar perusahaan terus bertambah.Sumber:
http://id.shvoong.com/business-management/management/2060986-koordinasi-kekuatan-perusahaan-pemasaran-produksi/#ixzz1c32cjZpN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar